PROFIL STIE CENDEKIA KARYA UTAMA
STIE, STIE di Semarang, STIE di Jawa Tengah |
A. Latar Belakang
Peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan
merupakan sebuah pengabdian warga Negara terhadap bangsa dalam upaya untuk
mencerdaskan kehidupan bangsa yang bukan hanya tanggung jawab pemerintah.
Masyarakat mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan suatu pendidikan formal
melalui suatu lembaga yang berbadan hukum sejalan dengan Undang-Undang No. 20
Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 54 yang menyatakan bahwa
masyarakat dapat berperan serta sebagai sumber, pelaksana, dan pengguna hasil
pendidikan.
Pendidikan tenaga bisnis sebagai bagian integral dari
pembangunan ekonomi, merupakan salah satu elemen penting dalam menunjang
terwujudnya tujuan Negara yaitu mewujudkan masyarakat yang memiliki kemandirian
ekonomi dan kreatifitas. Karenanya ditetapkan visi pendidikan tenaga bisnis
yaitu dihasilkan tenaga bisnis yang professional, mandiri dan berakhlak mulia
sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan ekonomi.
Misi pendidikan tenaga bisnis untuk mewujudkan visi tersebut
adalah meningkatkan mutu lulusan, meningkatkan mutu institusi pendidikan
bisnis, termasuk pendidikan tenaga bisnis yang didirikan dan diselenggarakan
oleh pihak masyarakat, serta meningkatkan kemitraan dan kemandirian institusi,
pmerintah, masyarakat termasuk swasta dalam pelaksanaan pendidikan tenaga
bisnis. Perwujudan misi ini perlu sejalan kondisi nyata perkembangan
internasional antara lain perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan
pemberlakuan pasar bebas, maka tujuan pendidikan tenaga bisnis diarahkan untuk
menghasilkan tenaga bisnis yang kompeten, professional, berdaya saing dan
berakhlak mulia yang jumlah dan jenisnya sesuai dengan kebutuhan pasar kerja
dalam kegiatan bisnis di tingkat nasional dan global.
Penyediaan tenaga bisnis juga perlu didasarkan atas proyeksi
kebutuhan tenaga tersebut yang sejalan dengan tuntutan dan permintaan pasar
(market driven) serta perkembangan bisnis nasional dan global. Kebutuhan akan
tenaga keuangan begitupesat karena kebutuhan keterbukaan informasi, sehingga
dibutuhkan kreatifitas tenaga keuangan yang mampu memenuhi keinginan pengguna
informasi. Demikian juga kebutuhan akan tenaga pengelola atau manajemen yang
mampu untuk mengelola sumber daya yang dimiliki perusahaan dan menjadikannya
sebagai suatu keunggulan bersaing yang tinggi. Hal ini harus didukung oleh
kemampuan kreatifitas dari tenaga bisnis untuk mengelola sumber daya tersebut,
serta melakukan pengemasan terhadap produk atau jasa untuk bisa ditawarkan
kepada masyarakat. Oleh karena itu dalam pendidikan tenaga bisnis ini
diharapkan bisa menghasilkan tenaga yang memang dapat terserap dengan baik pada
lingkungan bisnis nasional.
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Karya Utama (STIE CKU)
sebagai institusi pendidikan yang peduli dengan pengembangan SDM pada bidang
bisnis merasa terpanggil untuk melahirkan Sarjana Ekonomi yang professional,
mandiri dan berakhlak mulia yang dapat memberikan kontribusi bagi perbaikan dan
peningkatan kualitas kegiatan bisnis di Jawa Tengah khususnya dan di Indonesia
pada umumnya, bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar global
B. Visi
Terwujudnya sarjana-sarjana ekonomi yang di dasari oleh
akhlaq atau budi pekerti luhur, yang memiliki daya juang
C. Misi
1. Menyiapkan sarjana ekonomi yang dilandasi moral dan etika
dalam mewujudkan hasil karya
2. Meningkatkan kualitas, integritas moral yang tinggi serta
mampu bekerja sama, inovatif dan kreatif
3. Menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu
pengetahuan di bidang ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat
4. Meningkatkan citra perguruan tinggi yang berkualitas dan
standar kualitas lulusan yang mempunyai daya juang
D. Tujuan
Tujuan Program Studi Akuntansi dan Manajemen STIE Cendekia
Karya Utama Secara umum akan menghasilkan lulusan yang :
1. Berkualitas, kreatif, inovatif, memiliki daya juang dan
integritas yang tinggi dengan landasan ahlak dan budi pekerti yang luhur;
2. Memiliki jiwa kewirausahaan atau mampu bekerja dan
menciptakan lapangan kerja atau meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih
tinggi;
3. Mampu menjadi nara sumber dalam penyelenggaraan pendidikan,
pelatihan dan konsultasi pada bidang akuntansi dan manajemen.
STIE, STIE di Semarang, STIE di Jawa Tengah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar